• Home
  • Posts RSS
  • Comments RSS
  • Edit
  • JEJAK PERJALANAN SAINS DALAM DUNIA ISLAM

    Jan 3, 2011
    Tranformasi peradaban menyentuh bangsa Arab. Para sejarawan mencatat terjadinya perubahan besar berupa pencapaian luaq biasa di bidang sains dan teknologi. Pada awaknya, tak yang bersentuhan dengan ilmu pengetahuan. Kedatangan Islam mengantarkan mereka pada beragama literatur. Istilah ilmu atau ilmu yg terdapat dalam kitab suci dan hadis, mendorong geliat tradisi keilmuan. Mereka menyerap ilmu pengetahuan dari beragana sumber. Pedagang dan penjajah Muslim berperanan besaq dalam memajukan perubahan di kalangan masyarakat Arab Muslim pada awalnya.

    Mereka berasal dari Makkah, Madinah dan Yaman. Setelah mengadakan perjalanan melintasi gurun pasir, mereka mencapai Mesir, Mesopotamia, dan Suriah yg dikenali sebagai pusat peradaban kuno.Dari wilayah2 itulah, maka berbagai pemikiran ilmiah maupun teknik instrumen lawas yg dibawa dan diperkenalkan ke jazirah Arab.

    Disaat yg bersamaan, maka muncul kelompok baru di kalangan masyarakat Muslim, iaitu kalangan terpelajar yg terdiri dari ulamak, filsuf, dan cendiakawan. Para tokoh ini sangat tertarik dengan kenggulan peradaban kuno.........


    0 coretan ilham:

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...